PT.Sarana Bandar Nasional merupakan salah satu anak perusahaan PT. (Persero) Pelayaran Nasional Indonesia salah satu perusahaan pelayaran BUMN terkemuka di Indonesia yang kini telah bermetamorfosa menjadi Pelni Logistics, yaitu branding untuk PT. Sarana Bandar Nasional, anak perusahaan dan groupnya yang memiliki visi menjadi total logistics company.
Berdiri sejak 31 Maret 1986, Pelni Logistics saat ini menangani bisnis jasa bongkar muat, freight forwarding, transportasi dan distribusi, pengurusan kepabeanan (PPJK), pergudangan, depo container, serta pengusahaan retail dan trading melalui seluruh lini bisnisnya yang tersebar diseluruh wilayah nusantara, dengan dukungan 56 kantorcabang, strategic business unit (SBU), anak perusahaan dan kapal-kapal perusahaan induk yang memiliki jadwal tetap dan teratur.
Visi PT Sarana Bandar Nasional
- Menjadi total logistic company yang unggul dan terpercaya di Indonesia pada 2020.
Misi PT Sarana Bandar Nasional
- Memberikan pelayanan yang kompetitif di bidang usaha logistics untuk kapal-kapal perusahaan induk serta kapal-kapal lainnya.
- Mendukung kinerja pelabuhan untuk kelancaran arus barang
- Memberikan kontribusi yang optimal bagi pemegang saham, Negara, Karyawan dan Lingkungan.
- Meningkatkan nilai perusahaan yang dibangun melalui kreativitas, inovasi dan kompetensi sumber daya manusia.
- Pengertian Tol Laut:
Tol laut adalah konsep untuk memperbaiki proses pengangkutan logistik di Indonesia yang saat ini sedang gencar diterapkan oleh masa kepemimpinan Presiden ke-7 Indonesia, Joko Widodo. Sehingga diharapkan proses distribusi barang (terutama bahan pangan) di Indonesia menjadi semakin mudah. Kemudian, berdampak pada harga bahan pokok yang semakin merata di seluruh wilayah Indonesia
Seperti apa kapal tol laut?
Tentunya sudah sangat jelas kapal yang digunakan untuk melintasi tol laut adalah kapal yang memiliki kapasitas dan volume sangat besar. Selain agar sekali pengangkutan dapat dimaksimalkan untuk mengirim barang dalam jumlah besar, kapal tol laut juga harus mampu melintasi laut yang memiliki jarak yang cukup jauh.
Tujuan tol laut: untuk menstabilkan harga
Beberapa hal yang dibahas pada saat kunjungan
Problem saat melakukan bongkar muat:
- Kerusakan crane solusinya adalah mencari alat angkut lain seperti crane darat.
Hambatan dalam bongkar muat di daerah:
- Hanya tentang tenaga kerja
- Alat bongkar muat tidak ada
- Harus membawa alatnya dari origin seperti forklift, crane dan laik sebagainya.
Pada saat proses bongkar muat di origin dan destination tidak sama karena jika di destination ada hambatannya, seperti tidak tersedianya alat bongkar muat.
Kapal Pelni terdiri dari:
- Kapal penumpang (yang dijual adalah jadwal kapalnya)
- Penumpang dan container atau barang (Two in one)
- Kapal penumpang, barang, mobil, motor (Three in one) 7
Berapa lama proses bongkar muat?
1 jam bisa 12-13 container isi maupun yang kosong.
Pembahasan tentang kapal ciremai
- Dalam kapal ciremai bisa mengangkut mobil sekitar: 86 unit dan motor 1500 unit
- Rute kapal ciremai: Jakarta>Surabaya>Makassar bau bau>Sorong>Manokwari>Biyak Jayapura (7 hari sampai ke Biyak manokwari, dan 12 hari untuk perjalanan bolak balik ke Tanjung Priok)
- Kapal ciremai termasuk ke dalam (Three in one) karena mengangkut kapal, penumpang, mobil dan motor.
- Ngelasing untuk mengikat (supaya jika kapal terkena ombak kapal tidak goyang)
- Skopi atau kapal kecil digunakan apabila kapal ciremai tenggelam
- Kapal ciremai mengangkut 2000 penumpang
- Kapal ciremai dapat mengangkut 60 container 20 feet
- Pelni Logistic atau SBN hanya khusus untuk containrr 20 feet
- Depo adalah tempat penumpukan akhir (lebih dari 3 hari dikenakan biaya di depo.
- Palka depan adalah tempat untuk menyimpang barang ( untuk 23 container)
- Palka belakang adalah untuk jumlah 40 container
- Palka drpan dan belakang digunakan untuk menmenstabilkan harga.
- Mendapatkan asuransi apabila kapal tenggelam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar