Fungsi Pokok Distribusi
Fungsi pokok distribusi sebagai berikut.
1).Pengangkutan (transportasi)
"Pada umumnya tempat kegiatan produksi berbeda dengan tempat konsumen.
Perbedaan tempat ini harus diatasi dengan kegiatan pengangkutan. Seiring
dengan bertambahnya jumlah penduduk dan makin majunya teknologi,
kebutuhan manusia makin banyak. Hal ini mengakibatkan barang yang
disalurkan semakin besar sehingga membutuhkan alat transportasi
(pengangkutan)"
2). Penjualan (Selling)
"Di dalam pemasaran barang, selalu ada kegiatan menjual yang dilakukan
oleh produsen. Pengalihan hak dari tangan produsen kepada konsumen dapat
dilakukan dengan penjualan. Dengan adanya kegiatan ini maka konsumen
dapat menggunakan barang tersebut."
3). Pembelian (Buying)
"Setiap ada penjualan berarti ada kegiatan pembelian. Jika penjualan
barang dilakukan oleh produsen maka pembelian dilakukan oleh orang yang
membutuhkan barang tersebut."
4). Penyimpanan (Stooring)
"Sebelum barang-barang disalurkan kepada konsumen, biasanya disimpan
terlebih dahulu. Dalam menjamin kesinambungan, keselamatan, dan keutuhan
barang-barang, perlu adanya penyimpanan (pergudangan)."
5). Pembakuan standar kualitas barang
"Dalam setiap transaksi jual beli, banyak penjual maupun pembeli selalu
menghendaki adanya ketentuan mutu, jenis, dan ukuran barang yang akan
diperjualbelikan. Oleh karena itu, perlu adanya pembakuan standar, baik
jenis, ukuran, maupun kualitas barang yang akan diperjualbelikan
tersebut. Pembakuan (Standardisasi) barang ini dimaksudkan agar barang
yang akan dipasarkan atau disalurkan sesuai dengan harapan."
6). Penanggung risiko
"Seorang distributor menanggung risiko, baik kerusakan maupun penyusutan barang."
b. Fungsi Tambahan Distribusi
Fungsi Tambahan distribusi, antara lain :
1). Menyeleksi
"Kegiatan ini biasanya diperlukan untuk distribusi hasil pertanian dan produksi yang dikumpulkan dari beberapa pengusaha"
2). Mengepak/ mengemas
"Untuk menghindari adanya kerusakan atau hilang dalam pendistribusian maka barang harus dikemas dengan baik."
3). Memberi Informasi
"Untuk memberi kepuasan yang maksimal kepada konsumen, produsen perlu
memberi informasi secukupnya kepada perwakilan daerah atau kepada
konsumen yang dianggap perlu informasi, informasi yang paling tepat bisa
melalui iklan."
Kesimpulan: Bahwa manajemen distribusi memudahkan dalam mengirim barang maupun jasa ke konsumen, membuat adanya nilai tambah dalam fungsi manajemen distribusi seperti merealisasikan kegunaan, waktu, bentuk, tempat dan kepemilikan dalam arus pemasaran yang terjadi.
Referensi:
http://jurnalmanajemen.com/distribusi/
http://www.artikelsiana.com/2014/11/tujuan-tujuan-distribusi-fungsi-fungsi-distribusi.html
http://jurnalmanajemen.com/distribusi/
http://www.artikelsiana.com/2014/11/tujuan-tujuan-distribusi-fungsi-fungsi-distribusi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar