Sabtu, 14 April 2018

TM8-Sabtu-140418-Valuechain

Rantai Nilai
Setiap perusahaan adalah kumpulan kegiatan yang dilakukan untuk mendesain, memproduksi, memasarkan, mengirim, dan mendukung produknya. Semua kegiatan ini dapat diwakili menggunakan rantai nilai. Sebuah rantai nilai perusahaan dan cara kerjanya dalam kegiatan individu adalah refleksi dari sejarahnya, strateginya, pendekatannya untuk menerapkan strateginya, dan ekonomi yang mendasari kegiatan itu sendiri. Yang relevan untuk membangun rantai nilai adalah kegiatan perusahaan dalam unit bisnis). Suatu industri- atau sektor- terlalu luas, karena dapat mengaburkan sumber-sumber penting keuntungan. Meskipun perusahaan dalam industri yang sama mungkin rantai nilai pesaing sering kali berbeda.

Masing-masing kegiatan ini dapat berkontribusi pada posisi biaya relatif perusahaan dan menciptakan dasar untuk diferensiasi. Keuntungan biaya, misalnya, mungkin berasal dari sumber yang berbeda seperti sistem distribusi fisik biaya rendah, proses perakitan yang sangat efisien, atau pemanfaatan tenaga penjualan yang superior. Dalam bab ini, perkenalkan rantai nilai sebagai alat dasar untuk melakukannya. Rantai nilai memisahkan perusahaan menjadi kegiatan strategis yang relevan untuk memahami perilaku biaya dan sumber diferensiasi yang ada dan potensial.

Rantai Nilai dan Struktur Organisasi Rantai nilai adalah alat dasar untuk mendiagnosis keuntungan kompetitif dan menemukan cara untuk menciptakan dan mempertahankannya, subjek yang akan mendominasi bab-bab selanjutnya. Namun, rantai nilai juga dapat memainkan peran berharga dalam merancang struktur organisasi. Struktur organisasi mengelompokkan kegiatan tertentu bersama di bawah unit organisasi seperti pemasaran atau produksi. Logika pengelompokan tersebut adalah bahwa kegiatan memiliki kesamaan yang harus dieksploitasi dengan menempatkan mereka bersama dalam suatu departemen; pada saat yang sama, departemen dipisahkan dari kelompok kegiatan lain karena perbedaan mereka.

Referensi: Porter-Competitive Advantage, pg 33-59

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Revenue Management Pt Pos Indonesia

Kelmpok FCL: -Arifah -Azaria Mahsa -Dani Wijatmoko -Dinda Islah -Michael Krenius -Novila Kusuma -Putri Fara Sansabilla -Siti Sarah...