(What) Bullwhip Effect mengacu pada jenis distorsi yang terjadi dalam proses transmisi informasi pesanan di hulu yang merupakan fluktuasi yang lebih besar dalam kuantitas pesanan hulu yang disebabkan oleh fluktuasi permintaan hilir. Ini adalah fenomena umum dalam rantai pasokan. Keberadaan Bullwhip Effect menyulitkan perusahaan untuk memahami permintaan pasar, menyebabkan kelebihan stok dan mengurangi efisiensi operasional untuk seluruh rantai pasokan. The BES cara untuk memecahkan Bullwhip Effect adalah untuk mengurangi knot rantai pasokan sejauh mungkin, sehingga untuk memastikan akurasi informasi. Menggunakan sistem manajemen rantai pasokan yang efisien dapat mengurangi Bullwhip Effect dan mewujudkan respons real-time, secara langsung mengurangi biaya operasi perusahaan.
(Why) Nilai keunggulan biaya bergantung pada keberlanjutannya, keberlanjutan akan hadir jika sumber keuntungan biaya perusahaan sulit bagi pesaing untuk meniru. Keuntungan biaya mengarah pada kinerja yang unggul jika perusahaan memberikan tingkat nilai yang dapat diterima kepada pembeli sehingga keunggulan biayanya tidak dibatalkan oleh kebutuhan untuk mengenakan harga yang lebih rendah daripada para pesaing.
(How) Posisi biaya relatif perusahaan adalah fungsi dari komposisi rantai nilainya, posisi relatifnya vis a vis driver biaya setiap kegiatan. Peserta memiliki rantai nilai yang mungkin mirip atau berbeda dengan perusahaan. Diperusahaan penerbangan misalnya TWA dan united menggunakan rantai nilai imilar yang berbeda dari yang dimiliki oleh People Express. Jika rantai nilai pesaing berbeda dari perusahaan maka efisiensi yang melekat pada kedua rantai akan menentukan posisi biaya relatif, berbeda prinsip yang sama berlaku untuk menilai biaya pesaing potensial.
Referensi:
Dai Jianhuai, PS, LS, 2017 mitigation of Bullwhip Effect in Supply Chain Inventory Management Model. Beijing. School of Economics and Management, Communication University of China
Porter Michael E, 1985 Competitive Advantage Creating and sustaining Superior Performance with New Introduction Chapter 2 The Value Chain dan Competitive Advantage, New York, Simon and Shcuster inc.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Revenue Management Pt Pos Indonesia
Kelmpok FCL: -Arifah -Azaria Mahsa -Dani Wijatmoko -Dinda Islah -Michael Krenius -Novila Kusuma -Putri Fara Sansabilla -Siti Sarah...
-
Perhitungan Jumlah Muatan Dus Indomie dalam 1 Container 20’ Container 20’ Feet Ukuran luar = Panjang x Lebar x Tinggi ...
-
PROFIL PERUSAHAAN Nama Perusahaan : PT. POS INDONESIA Tahun berdiri : 26 Agustus 1746 Alamat : Jl. Pemuda No.79 RT.20 RW.06, Jati, ...
-
Mensyukuri nikmat Islam yang Allah karuniakan kepada kita๐ . ุฃََูู َْู ุดَุฑَุญَ ุงَُّููู ุตَุฏْุฑَُู ِْููุฅِุณَْูุงู ِ ََُููู ุนََٰูู ُููุฑٍ ู ِْู ุฑَุจّ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar